Cara Agar Terbiasa Datang Tepat Waktu - Datang tepat waktu (on time) merupakan salah
satu kebiasaan karyawan sukses. Sayangnya, kebiasaan baik ini sulit dimiliki
oleh sejumlah karyawan. Mengapa seperti itu? Jawaban yang realistis adalah
karena datang terlambat sudah menjadi kebiasaan sehingga butuh waktu untuk
mengubahnya.
Jika Anda selama ini memiliki
kebiasaan datang terlambat (baik itu masuk kerja, menghadiri rapat, bertemu
orang, dan lain-lain), tujuh cara di bawah ini dapat membantu Anda datang tepat
waktu.
1. Pergi 10 menit lebih awal
Cara pertama adalah pergi 10 menit lebih awal. Untuk menerapkan
cara ini, Anda perlu mengevaluasi waktu pergi Anda terlebih dahulu. Sebagai
contoh, jika Anda terlambat datang masuk kerja pada jam 7 pagi karena Anda
pergi dari rumah jam 06:45, maka yang perlu Anda lakukan adalah pergi dari
rumah jam 06:30 (10 menit lebih awal dari biasanya).
2. Catat semua jadwal rapat atau pertemuan
Cara kedua adalah dengan mencatat semua jadwal rapat atau
pertemuan yang Anda miliki di buku harian atau catatan Anda. Setelah itu, baca
buku harian atau catatan itu minimal sekali sehari sehingga membantu Anda
mengingat semua jadwal rapat dan pertemuan yang harus Anda hadiri.
Jika Anda tidak memiliki buku catatan, tulis saja jadwal rapat
atau pertemuan di sticky
paper yang bisa
ditempelkan di dinding atau komputer Anda. Anda bisa juga menuliskannya di
papan tulis yang ada di ruang kerja Anda.
3. Buat reminder
Cara lain adalah dengan membuat pengingat (reminder) di telepon
genggam pintar Anda (smartphone) atau laptop kerja Anda. Terkait laptop kerja,
ada pengingat jadwal rapat di lokal area network yang mereka miliki. Pengingat
ini akan memberi alert bergantung kepada waktu yang
ditetapkan oleh si pembuat jadwal rapat. Waktunya bisa 10 menit atau 15 menit
dari jadwal rapat.
4. Minta bantuan teman/bawahan untuk mengigatkan
Anda juga bisa bantuan teman Anda untuk mengingatkan jadwal
rapat atau pertemuan Anda dengan klien. Jika Anda seorang atasan yang memiliki
sekretaris atau asisten, Anda bisa menginstruksikan mereka untuk mengingatkan
Anda.
5. Hormati orang lain
Ini adalah pemahaman yang perlu Anda miliki untuk membiasakan
diri datang tepat waktu. Tanamkan di benak Anda bahwa datang tepat waktu itu
berarti Anda menghormati orang lain, baik itu atasan bawahan, atau klien baru.
Dengan memiliki pemahaman ini, Anda akan bergerak lebih cepat daripada
biasanya.
6. Prediksi waktu tempuh
Jika rapat atau pertemuan di luar kantor, prediksi waktu tempuh
untuk mencapai tempat rapat tersebut. Jika Anda masih belum tahu karena mungkin
tempat rapat itu memang baru Anda kunjungi, cari di Google map lokasinya
sehingga Anda bisa memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi
tersebut.
Selain itu, Anda juga bisa meminta informasi waktu tempuh kepada
orang yang mengundang Anda. Ini lebih baik karena informasinya jauh lebih
akurat.
7. Persiapkan semua peralatan yang mendukung
Ada kalanya penyebab terlambat datang adalah tidak siapnya alat-alat
pendukung yang Anda perlukan. Sebagai contoh, ketika Anda hendak berangkat
kerja, ban mobil atau ban motor Anda kempes. Untuk menghindari masalah ini, cek
kondisi kendaraan Anda sesaat setelah Anda bangun. Misalnya, setelah sholat
subuh bagi Anda yang muslim.
Dalam hal rapat atau pertemuan, siapkan peralatan yang Anda
perlukan (laporan, alat peraga, atau handout materi) sehari sebelumnya. Kebiasaan
ini akan memberi Anda waktu yang cukup bila saja ada peralatan yang belum siap.
Datang tepat waktu merupakan kebiasaan baik yang harus dimiliki
oleh setiap karyawan (atau setiap orang). Kebiasaan ini akan membantu Anda
lebih sukses, misalnya reputasi baik atau mendapatkan klien baru. Jadi, tidak
ada salahnya jika Anda menerapkan satu atau lebih dari tujuh cara di atas.
0 Response to "Cara Agar Terbiasa Datang Tepat Waktu"
Post a Comment