Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi
Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi - Apa sih yang sebenarnya disebut dengan Tartar? Apa hubungan antara Plak dan Tartar? Yang pasti, keduanya mengotori gusi dan menjadi tempat berkembang bagi bakteri. Namun tidak seperti Plak, sekali terbentuk maka Tartar tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Supaya kita bisa mengatasi dan mencegahnya, yuk kita kenal lebih lanjut mengenai Plak dan Tartar!

Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut. Plak akan terlihat jika gigi kita tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna keputihan atau kekuningan pada permukaan gigi. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi karena konsistensinya yang lunak.

Sedangkan Tartar terbentuk dari Plak yang mengeras dan juga dikenal dengan sebutan Dental Kalkulus atau Karang Gigi. Plak akan berubah menjadi Tartar dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. Pada saatnya, Tartar akan meningkatkan penumpukan Plak dengan menyediakan permukaan kasar sebagai tempat menempelnya Plak pada gigi. Biasanya Tartar terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol. 

Lalu apa yang dapat diakibatkan dengan adanya Plak dan Tartar? 

Yang pertama, Kandungan Bakteri di dalam Plak dan Tartar akan memecah sisa makanan dalam mulut dan memproduksi asam yang akhirnya menyerang struktur gigi dan mengakibatkan lubang pada gigi. Asam yang terbentuk juga menyebabkan gusi menjadi teriritasi sehingga akan tampak memerah, bengkak, ngilu, bahkan menyebabkan pendarahan. Plak juga menghancurkan gusi dan struktur yang melindungi gigi, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan gigi menjadi tanggal. 

Akibat kedua, Tartar mudah ternoda dengan makanan dan asap rokok yang pada akhirnya menyebabkan noda pada gigi.

Akibat terakhir, Plak dan Tartar akan menyebabkan bau mulut akibat dari aktifitas bakteri yang berlebihan di dalamserta dari lubang pada gigi yang ditimbulkannya.

Setelah mengetahui penyebab dan akibat yang ditimbulkan oleh keberadaan Plak dan Tartar, kita juga harus mengetahui cara menghilangkan dan pencegahan agar Plak dan Tartar tidak tumbuh. 
  • Sikatlah gigi secara teratur pada pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, sikatlah gigi setiap habis makan dengan durasi setidaknya 2-3 menit.
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride.
  • Deteksi Plak dapat dilakukan dengan mengunyah tablet khusus untuk menemukan Plak yang bisa Anda beli di toko obat atau apotik. Tablet kunyah ini akan menunjukkan dimana Anda perlu menyikat gigi lebih bersih.
  • Gunakan benang gigi (dental floss) secara rutin untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di celah gigi.
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula. Selain lengket pada permukaan gigi,  gula merupakan jenis makanan paling utama yang akan dipecah oleh Plak untuk menghasilkan asam.
  • Kunjungi dokter gigi secara teratur. Saat Tartar sudah terbentuk, hanya dengan peralatan dan prosedur khusus yang dapat dilakukan oleh dokter gigi  untuk menghilangkannya.
Ingatlah bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah mudah untuk dilakukan. Yang sulit adalah jika kita harus melakukannya secara teratur. Jadi, jangan biarkan Plak berubah menjadi Tartar untuk mulai menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda! Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Karang Gigi"

Post a Comment