Cara Tepat Agar Makanan Tahan lama


Cara Tepat Agar Makanan Tahan lama - Makanan yang Kita konsumsi setiap hari merupakan bahan yang sifatnya mudah rusak, sehingga makanan yang terlalu lama akan basi.
Kondisi ini akan menjadikannya sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan apabila dipaksakan akan menimbulkan gangguan pencernaan dan kesehatan tubuh lainnya. Semua bahan makanan baik yang mentah dan belum mengalami proses memasak hingga yang sudah dimasak dan siap santap. Cenderung mudah untuk rusak, sehingga kemudian muncul ide untuk menjadikan makanan lebih tahan lama.

Mengawetkan bahan makanan

Proses pengawetan bahan makanan memiliki tujuan untuk menjadikan makanan lebih tahan lama sehingga bisa disimpan. Penyimpanan ini akan mengurangi kemungkinan bahan makanan tersebut terbuang percuma jika tidak segera diolah dan dikonsumsi. Pengawetan bahan makanan memiliki beberapa metode, metode tersebut diantaranya:
Melalui proses pemanasan
Bahan makanan yang dimasak dengan suhu tinggi atau dimasak lebih lama akan cenderung lebih tahan lama. Pemanasan bahan makanan akan mengurangi jumlah mikroorganisme yang bisa hinggap dan merusak kualitas makanan tersebut. Semakin tinggi suhu dan semakin lama proses memasaknya maka semakin tahan lama suatu bahan makanan.
Seperti olahan daging rendang, Kita akan menjumpai olahan daging yang bisa dikonsumsi hingga berminggu-minggu. Lantaran daging diolah sangat lama hingga kering dan kuah asat kemudian berubah warna menjadi gelap.
Dengan cara pengeringan
Mengeringkan bahan makanan juga cukup efektif menjadikan makanan tersebut lebih tahan lama karena minim kandungan air. Kandungan air pada makanan akan mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menjadikan makanan cepat busuk.
Semakin terbatas kandungan airnya maka makanan akan lebih tahan lama sehingga bisa disimpan hingga jangka waktu tertentu. Pengeringan makanan bisa dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari, dioven, atau dipanaskan di atas bara api. Hampir semua jenis makanan yang dikeringkan ialah dari jenis daging dan ikan yang memang mampu menjaga kualitasnya tetap bagus.
Membekukan bahan makanan
Makanan menjadi mudah rusak karena bakteri dan jamur bisa berkembang biak di dalam makanan tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjadikan makanan lebih tahan lama ialah dengan mendinginkannya. Menaikkan suhu ataupun menurunkan suhu makanan cukup efektif membunuh bakteri dan jamur.
Pembekuan makanan bisa dilakukan dengan memasukkan makanan ke dalam wadah berisi es batu. Bisa pula dengan memasukkannya ke dalam freezer atau kulkas biasa sesuai dengan bahan makanan yang dimiliki.
Menggunakan bahan pengawet
Cara lain yang bisa digunakan untuk menjadikan makanan tahan lebih lama ialah dengan menambahkan zat pengawet. Cara ini memang memanfaatkan bahan kimia tertentu yang secara lebih praktis mampu mengawetkan makanan dalam waktu singkat. Sayangnya karena memanfaatkan zat kimia takaran yang digunakan harus tepat yakni berada di batas normal.
Sehingga makanan yang akan dikonsumsi tersebut bersih dari racun dan aman dimakan dalam jangka panjang. Adapun jenis pengawet yang kerap digunakan ialah asam sorbat, asam propionat, atau menggunakan pengawet alami seperti menambahkan gula pasir atau cairan gula pasir.
Membungkus makanan dengan rapat
Selain proses pengolahan ternyata faktor kemasan makanan saat disimpan mampu menjadikan makanan tahan lama atau sebaliknya. Jenis bungkus yang menjadikan makanan kuat ialah kemasan yang kedap udara.
Seperti plastik tebal yang divacum agar udaranya keluar semua, kemasan kaleng, kemasan menggunakan kertas yang dilapisi dengan kertas alumunium foil, dan lain sebagainya. Kemasan makanan yang tepat akan mencegah makanan tersebut terkontaminasi oleh bakteri dan kuman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Agar Makanan Tahan lama"

Post a Comment