Cara Membersihkan Wajan / Kuali dari Kerak Hitam


Cara Membersihkan Wajan / Kuali dari Kerak HitamSalah satu masalah dalam memasak yang sering dihadapi para ibu rumah tangga adalah timbulnya kerak hitam di wajan atau gosong. Hal ini bisa disebabkan oleh Anda yang harus melakukan banyak hal sembari memasak.
Bisa juga lupa jika sedang memasak dan meninggalkan masakan begitu saja di atas api atau kebetulan sedang memasak makanan yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya sehingga meninggalkan bekas gosong dan kerak di wajan Anda.
Selain aromanya yang tak sedap, wajan Anda pun terlihat berantakan dengan bekas berwarna hitam di dasarnya. Tentu saja pemandangan ini tidak enak untuk dilihat. Jika Anda mengalami hal yang serupa, jangan panik! Berikut ini adalah langkah-langkah cepat membersihkan wajan dari kerak hitam yang bisa Anda praktekkan di rumah.
  1. Tuang air panas ke dalam wajan yang gosong. Hal ini bertujuan untuk membuang sebanyak mungkin sisa makanan dan sisa gosong yang menempel di wajan.
  2. Buat pasta dari baking soda yang dicampur dengan cuka dan air perasa lemon secukupnya. Campur semua bahan hingga membentuk pasta yang tidak terlalu kental ataupun encer.
  3. Oleskan pasta tadi ke bagian wajan yang gosong dan diamkan selama beberapa menit, kira-kira 5 - 15 menit.
  4. Setelah itu, isi wajan yang ada bagian kerak hitam tadi dengan air hingga menutupi bagian yang gosong.
  5. Panaskan air selama kurang lebih 10 - 15 menit. Selama memanaskan air ini, Anda bisa sambil mengaduk-aduk air dengan sudip dari kayu sembari menggosok bagian bawah wajan yang berkerak.
  6. Jika air sudah dipanaskan, matikan kompor dan biarkan wajan tersebut terendam air tadi semalaman. Hal ini agar kerak gosong tadi bisa melunak dan semakin mudah untuk dibersihkan
  7. Setelah direndam seharian, buang air rendaman tersebut.
  8. Ambil spons yang sudah diberi cairan pencuci piring. Lalu gosok permukaan wajan hingga sisa kerak gosong yang masih menempel hilang semua.
  9. Jika kerak hitam sudah hilang dari wajan, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Anda bisa menggunakan  yang mampu membersihkan 5 kali lebih cepat*.
Sangat mudah dan sederhana bukan? Meski membutuhkan waktu semalaman untuk merendam wajan yang berkerak hitam di bagian bawahnya, namun hal ini dilakukan agar kerak yang ada semakin melunak dan mudah dibersihkan. Jadi jika lain kali Anda mengalami hal demikian, sebagai ibu cekatan sunlight Anda tak perlu panik lagi ya silahkan dicoba step-step diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membersihkan Wajan / Kuali dari Kerak Hitam"

Post a Comment